Rekonstruksi Kebijakan Pelaksanaan Model Pembelajaran Mata Kuliah Umum Berbasis Proyek

Minggu, 13 Agustus 2023 - 20:16:48 WIB
Dibaca: 201 kali

Pada Kamis, 20 Juli 2023, Badan Pengembangan Akademik Untag Surabaya menggelar kegiatan Rekonstruksi Kebijakan Pelaksanaan Model Pembelajaran Mata Kuliah Umum (MKU) Berbasis Proyek. Kegiatan ini melibatkan Kepala Program Studi (Kaprodi) S1 dan sejumlah dosen pengajar MKU di lingkungan Untag Surabaya. Dalam Forum Group Discussion (FGD) tersebut membahas dan merumuskan ulang pendekatan pembelajaran MKU dengan mengintegrasikan model berbasis proyek.

Diskusi melibatkan pemikiran dari berbagai disiplin ilmu untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan terlibat secara aktif bagi mahasiswa. Kaprodi dan dosen MKU berkolaborasi dalam meninjau kurikulum, menentukan proyek-proyek yang relevan dengan materi MKU, serta merancang metode evaluasi yang sesuai dengan pendekatan proyek.

Hasil dari rekonstruksi kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran, mendorong pemahaman yang lebih dalam terhadap konten MKU, dan mengembangkan keterampilan praktis yang relevan dengan dunia nyata. Dengan menghadirkan model pembelajaran berbasis proyek, perguruan tinggi berupaya menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja dengan kompetensi yang lebih beragam dan holistik.