Tingkatkan Inovasi dan Kolaborasi Akademis, FISIP Untag Surabaya Gandeng FISIP Universitas Airlangga

Senin, 25 Maret 2024 - 14:36:30 WIB
Dibaca: 92 kali

Sebagai Universitas pelaksana Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terus berupaya meningkatkan jalinan kerja sama dengan berbagai Universitas di Indonesia. Salah satunya ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untag Surabaya dengan FISIP Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu, (6/3).

Jalinan kerja sama ini akan diawali dengan joint research antara dosen Prodi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya dengan dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga selama periode semester gasal dan genap tahun akademik 2023/2024.

Kegiatan penandatanganan MoA ini melibatkan Dekan FISIP Untag Surabaya - Dr. Ayun Maduwinarti, M.P., Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi Untag Surabaya – Moh. Insan Romadhan, S.I.Kom., M.Med.Kom. serta Hajidah Fildzahun Nadhilah Kusnadi, S.Sos., M.A. Sementara itu, Universitas Airlangga melibatkan Dekan FISIP Unair Surabaya - Prof. Dr. Bagong Suyanto Drs., M.Si., Wakil Dekan III FISIP Unair Surabaya - Irfan Wahyudi S.Sos., M.Comms., PhD. serta dosen Prodi Ilmu Komunikasi Unair Surabaya - Intan Fitranisa, S.I.Kom., M.Med.Kom dan Rani Sukma Ayu Suteja, S.I.Kom., M.Sc.

Kaprodi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya yang biasa disapa Insan ini menyampaikan dengan diadakannya joint research diharapkan akan menghasilkan luaran-luaran yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. “Untuk pengimplementasian program joint research ini kami mencari Perguruan Tinggi negeri yang terdekat dulu dan nanti dari kolaborasi yang sudah ada tentunya akan menghasilkan luaran-luaran yang diharapkan bisa bermanfaat untuk kedua belah pihak,” ujarnya.

Lebih lanjut lagi, Insan juga menyampaikan rencana kedepannya untuk kerja sama ini. “Rencana kedepan kita juga akan coba melakukan kerja sama dalam pelaksanaan SEMAKOM (Seminar Nasional Mahasiwa Komunikasi) dengan melakukan pertukaran antar narasumber, nah ini nanti sudah memasuki SEMAKOM yang keempat,” lanjutnya.

Kerja sama ini diharapkan akan membawa dampak positif tidak hanya bagi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya dan Universitas Airlangga, tetapi juga untuk masyarakat luas melalui peningkatan kualitas inovasi dan pengembangan teknologi yang dihasilkan. (da/oy)